Tips Memilih Pintu Jenis Kayu untuk Rumah Minimalis

jasa desain rumah, jasa gambar rumah, jasa desain dan gambar bangunan

Memiliki hunian dengan desain rumah minimalis tentu saja adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Hal-hal ini tak lepas agar tampilan rumah minimalis nampak lebih indah, elegan, dan juga nyaman. Salah satu hal yang wajib diperhatikan bagi Anda yang memiliki rumah minimalis adalah pintu. Pintu banyak digunakan untuk menghubungkan antara bagian luar dan dalam, maupun penghubung antar ruang.

Pintu bagian luar atau pintu utama yang ada di depan rumah memiliki fungsi lain, yakni sebagai bagian dari desain eksterior rumah. Untuk itu, Anda harus lebih teliti, cermat dan kreatif dalam memilhnya. Terdapat banyak bahan yang digunakan untuk membuat sebuah pintu. Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan juga cara perawatannya masing-masing. Di bawah ini khusus dibahas tentang tips memilih pintu yang berbahan dasar kayu.

jasa desain rumah, jasa gambar rumah, jasa desain dan gambar bangunan

  1. Jenis Kayu untuk Rumah Minimalis

Banyak sekali jenis kayu di pasaran yang dijadikan bahan utama pembuatan pintu. Beberapa jenis kayu yang bagus untuk pintu adalah jati, gaharu, dan merbau. Tak hanya untuk pintu, jenis kayu ini juga sering dipilih untuk kusein. Kualitas dan ketahanan kayu jati, gaharu dan merbau sudah sejak lama teruji. Untuk itu, pastikan Anda memilih jenis kayu yang bagus agar tak cepat lapuk dan membuat Anda harus sering merenovasi rumah.

  1. Tekstur Kayu

Selain jenis, perhatikan pula tekstur kayu yang akan Anda pilih untuk pintu rumah minimalis. Pastikan tekstur kayu yang Anda pilih berkualitas dengan memperhatikan beberapa hal yang menjai tanda kualitas kayu tersebut. Tekstur kayu yang bagus dapat dilihat dari warnanya. Pilih kayu dengan tekstur yang berwarna merah kecoklatan. Selain itu, biasanya kayu yang baik juga memiliki tekstur kuat. Jika Anda ingin lebih yakin, Anda bisa melakukan uji tekstur ini dengan cara membasahi kayu tersebut. Jika kayu mengeluarkan getah saat diberi air, maka kayu tersebut kemungkinan besar bertekstur baik.

  1. Hindari Memilih Kayu Belang

Kayu belang yang dimaksud di sini adalah kayu yang memiliki bercak putih. Jika Anda menemukan kayu ini, segera alihkan pilihan Anda pada jenis kayu yang lain. Bercak putih tersebut sangat sering menjadi sasaran bagi rayap dan akan mudah lapuk. Secara sepintas, harga yang ditawarkan untuk kayu belang ini lebih murah dan memiliki corak yang bagus. Meski sangat unik dan sesuai dengan desain rumah minimalis Anda, lebih baik tidak menggunakan kayu tersebut.

jasa desain rumah, jasa gambar rumah, jasa desain dan gambar bangunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *